Sunday, April 22, 2012

Cuma Gue yang Bisa part 18 (re-post)

Part 18: Rio Sakit Ify Khawatir Setengah Mati

Setelah UN SMA selesai (anggep aja udahan, di skip :p), sekarang saatnya UN untuk SMP, hari ini merupakan hari pertarungan hidup dan mati Deva. Akhirnya inilah saatnya Deva meminta restu orang tua dan juga kakaknya.

“Ma, doain Deva yaa..” kata Deva sambil mencium tangan Mamanya.

“Gak nyangka kamu udah dewasa, Dev..” kata Bu Risna.

“Emangnya Deva mau nikah apa, Ma??” Tanya Ify.

“Pa, doain Deva..” kata Deva sambil mencium tangan Papanya.

“Dev, kalo kamu kepepet, tanya aja ama yang dibelakang kamu,” nasihat Pak Indra.

“Mimpi apa gue punya orang tua kayak gini??” Gumam Ify.

Deva sekarang sudah ada di hadapan Ify, Ify sudah mengulurkan tangannya karena Deva akan mencium tangannya. Dan ternyata, Deva malah melewatkan Ify.

“Ma, Pa..Deva berangkat yaa!!” Pamit Deva. Ify menganga.

“Elu Dev! Dasar kacrut! Gak minta restu ama guee!!” Teriak Ify. Akhirnya Deva balik lagi ke Ify, daripada dikutuk sama Ify. Deva pun mencium tangan Ify dengan terpaksa.

“Nah gitu dong! Kayaknya gue itung-itung, lo cium tangan gue baru sekali seumur idup deh..” ujar Ify.

“Gue gak mau cium tangan lo, soalnya tangan lo bau terasi!!” Seru Deva yang langsung kabur dari hadapan Ify.

“DEVAAAAA!!!!!”

***

“Kau gadisku yang cantiik..coba lihat aku disinii..disini ada aku yang cinta padamu..” Cakka sedang melaksanakan aksi gombalnya di kantin. Agni memasang wajah betenya, karena mendengar suara cempreng Cakka sambil bermain gitar.

“Kau gadisku yang cantik, coba lihat aku disini..disini ada aku yang sayang padamuu..huohuoo..” Cakka terus bernyanyi, padahal semua murid yang berada di kantin sudah merasa terganggu.

“Cak, berenti napa, fals suara lo!!” Seru Gabriel.

“Napas aja udah fals, apalagi nyanyi!” Celetuk Alvin.

Ify, Shilla, dan Sivia hanya tertawa saja melihat tingkah laku Cakka yang ingin mencari perhatian Agni. Cakka terus bernyanyi sampai teriak-teriakan. Semakin lama Agni semakin panas, dan merasa terganggu, tiba-tiba Agni menggebrak meja.

BRAAK!!!

Otomatis semua orang terkejut dibuatnya, Agni mendelik kearah Cakka dengan tatapan membunuh. Muka Cakka menjadi pucat.

“Heh! Cumi! Belom pernah kelilipan sepatu yaa!!’ Seru Agni.

“Woelah, nyantai dong Ag.. eh,gue heran deh ama lo, kok lo gak kena pesona gue siih, cewek lain aja gue kedipin langsung pada masuk UKS semua gara-gara pingsan kena kedipan gue..” kata Cakka.

“Kalo lo kedipin gue, lo yang bakal masuk UKS duluan gara-gara dapet bogem mentah dari gue!” Kata Agni sambil menunjukan kepalan tangannya ke muka Cakka.

“Lo kalo godain Agni sama aja lo ganggu macan lagi tidur, Cak!” Celetuk Gabriel.

“Ag, lo kagak ada apa sedikit ajaa rasa
buat guee..” keluh Cakka.

“Ada!”

“Hah? Beneran?”

“Iya ada rasa pengen ngebunuh lo!!” Seru Agni. Cakka hanya manyun.

Sementara Cakka masih mencoba untuk gombal sama Agni, Ify hanya manyun saja sambil memutar-mutar sendoknya, semangkok bakso yang ia pesan tak di makannya. Di sebelahnya, Sivia selalu melirik kearah mangkok bakso Ify.

“Fy..”

Ify tak menjawab.

“Fy..gue minta baksonya yaa..sayang gak dimakan..” kata Sivia.

Ify tetap tak menjawab, ia tetap melamun. Akhirnya Sivia mengambil bakso satu-satu dengan sendoknya. Shilla yang melihatnya langsung melotot.

“Vi, parah banget lo!” kata Shilla.

“Vi, balikin baksonya Ify, gue beliin lagi deh!” kata Alvin.

“Ify-nya juga gak marah kok, biarin aja, kan sayang kalo gak dimakan,” keluh Sivia.

Alvin dan Shilla hanya geleng-geleng kepala saja melihat kelakuan Sivia, Sivia keasyikan memakan bakso hasil curiannya dari Ify.

‘Kak Rio, kemana siih..ah, udahlah nanti juga kesini, mendingan gue makan dulu,’ pikir Ify yang sekarang matanya tertuju pada semangkuk baksonya.
Tapi…

“Kok baksonya gak adaaa?? Cuma kuahnya doaaangg!!” Teriak Ify. Kemudian Ify melotot kearah Sivia yang sedang mengunyah bakso hasil curian.

“VIAAA MALIIING!!!” Teriak Ify sambil mengacak-acak rambut Sivia.

“Aduuuh, jangan di acak-acak doong!!! Gue beliin lagi deh!!” Kata Sivia yang langsung pergi ke tukang bakso.

“Cantik-cantik maling juga tuh, anak!” gerutu Ify.

“Gitu-gitu temen lo, Fy..” kata Shilla.

“Iya, iyaa..Kak Alvin, Kak Rio mana sih, hampa banget idup gue kalo gak liat dia..” keluh Ify sambil memasang wajah cemberut.

“Lo gak tau? Rio kan sakit,” kata Alvin. Ify diem.

“Hah?? KAK RIOO SAKIIT!!??” Teriak Ify. Begitu mendengar suara cempreng Ify, mereka terkejut bukan main.

“Biasa, Fy!” Seru Gabriel.

“Paling Rio sakit gara-gara gak dikasih jatah Chitato ama nyokapnya!” Kata Cakka enteng.

“Aduuh, aduuh gimana nih, Kak Rio ama siapa di rumah?? Jangan-jangan
sendirian..ntar kalo ada yang iseng masuk kerumah Kak Rio buat maling, terus nanti kalo Kak Rio ngelawan malingnya, ntar Kak Rio..” cerocos Ify.

“Weiishh, napas Mbak! Khayalan lo ketinggian!!” Kata Shilla.

“Gak ada yang gak mungkin, Shil!” kata Ify khawatir.

“Rio gak mungkin mati, kaan?” Tanya Cakka.

“Aduuh, gue gak bawa obat-obatan nih, buat Kak Rio, kalo betadine bisa gak?” Tanya Ify.

“Dodol! Betadine buat luka ama borok!” Kata Agni.

“Berarti gak bisa ya?” Tanya Ify.

“Nih anak kayaknya otaknya ketinggalan dirumah deh,” keluh Alvin.

“Lo minumin aja betadine ke Rio, paling langsung masuk kuburan tuh anak!” kata Cakka.

“Ada apaan sih? Rame banget!” Kata Sivia sambil memberikan semangkok bakso ke Ify.

“Rio sakit, si Ify kayak orang kesetanan pas denger Rio sakit,” kata Alvin.

“Kalo Rio sakit, ntar lusa pas turnamen siapa yang bakal mimpin nih? Susah juga!” keluh Gabriel.

“Biar gue aja yang mimpin, ntar gue yang mimpin latihan,” kata Alvin.

“Pokoknya nanti gue mau ke rumah Kak Rio, lo semua pada mau ikut gak?” Tanya Ify.

“Gue, Iel, latihan basket,” kata Alvin.

“Gue gak boleh main,” kata Sivia.

“Gue mau shopping,” kata Shilla.

“Gue mau ke toko buku,” kata Agni.

“Kalo lo, Kak?” Tanya Ify.

“Gue mau ngikutin Agni, hehee..” kata Cakka cengengesan.

“Paan sih lo!?” Seru Agni.

“Aaaah, yaudah deh, pada gak seru lo semua!” seru Ify.

“Salam ya buat Rio!” kata Alvin, dianggukan oleh Gabriel.

“Salam ya dari dari orang ganteng!” kata Cakka. Kemudian ditimpukin sama anak-anak.

“Yaaah, titip salam deh,” kata Agni, di setujui oleh Shilla dan Sivia.

“Iyaa..iyaa..”

***

“Aduuuuh, kenapa gue jadi sakit gini sih!” keluh Rio. Rio merasa bosan dirumah, karena tak bisa bertemu dengan sohib-sohibnya, terutama si biang rusuh, Ify. Apalagi besok lusa ada turnamen se-jabodetabek.

“Apa jangan-jangan dosis makan Chitato gue kurang kali ya, Chitato gue abis lagi, kagak dikasih ama nyokap, gue malah dikatain lama-lama gue bakal jadi kentang beneran,” gerutu Rio.

Kemudian terdengar suara ketokan pintu.

“Kak Riooo!!! Gua masuk yaa!!” teriak Ray sambil membuka pintu kamar Rio.

“Eh, gondrong gak usah teriak-teriakan deh di rumah! Kuping gue gak budek!!” Seru Rio.

“Lu sakit masih aja banyak bacot! Ntar Mama sama Papa pulang malem, makanya gue yang bakal ngurusin lo!” kata Ray.

“Hah? Nggak ah! Bisa mati gue diurusin lo! Dulu aja pas gue sakit, tablet gue ketuker ama vitamin si belang! (kucingnya Rio :p) untung gue belom minum!” kata Rio.

“Yeee..gue kan khilaf, Kak. Kali ini nggak deh, nih minum obat sirupnya!” kata Ray sambil menyuguhkan satu sendok makan sirup obat. Rio merasa curiga, biasanya Ray suka salah ngambil obat, makanya dia cium dulu.

“Eh, gue mau liat botolnya.” Suruh Rio.

Ray memberikan botolnya, matanya melotot.

“BEGOOO!!! Itu obat kutu si belaaang!!” kata Rio sambil menoyor kepala Ray.

“Aduuuh, sakiit! Gue khilaf!” Ringis Ray.

“Elo tuh khilaf mulu kerjaannya! Apa jangan-jangan lo mau nyingkirin Kakak lo yang paling ganteng ini ha? Makanya tuh rambut gunting aja!!” kata Rio.

“Gak bakal!!”

Tiba-tiba terdengar suara bel rumah berbunyi,

“Buka tuh!” Suruh Rio. Ray pun pergi menuju pintu rumah, dan mendapati Ify membawa bungkusan besar di tangannya.

“Eh, elo Kak,” sapa Ray.

“Raydut, Kak Rio mana?” Tanya Ify.

“Asal maen ngubah nama orang aja lu! Kak Rio dikamar, ngapain?”

“Mau jenguk calon pacar gue, heheee..” kata Ify nyengir. *GUBRAK*.

“Yeuuuhh, masih ngarep aja lo, Kak! Eh, bawa apaan tuh, gede banget plastiknya!” kata Ray penasaran.

“Mau tau aja, ini buat Kak Rio, ntar kalo gue kasih tau, diembat lagi sama lo!” kata Ify.

“Iiih, pedit amat lo!” gerutu Ray.

“Biariin, gue masuk ya!” kata Ify.

“Oke! Titip Kak Rio, Kak! Gue mau kerumah lo!” kata Ray.

“Hah? Kok lo pergi sih??”

“Gue mau belajar bareng Deva!” seru Ray.

“Yaudah deh..ahelah palng ujung-ujungnya lo berdua maen PS bukannya belajar.” kata Ify. Ray hanya nyengir.

Ray pun pergi meninggalkan rumah, otomatis dirumah hanya ada Rio, Ify dan si belang, tapi si belang pergi nyari pacar :p, namanya juga kucing kabur mulu!

“Aduuh, kok gue deg-degan ya??” Gumam Ify. Ify mengetok-ngetok kamar Rio.

“Masuukk..” seru Rio dengan suara serak. Ify pun membuka pintu kamar Rio.

“Ray, lo ngapain dulu sih!? Tidur? Ngambil obat aja lama bangeet..” Rio melotot begitu melihat Ify udah cengar-cengir di depannya.

“Ngapain lo kesini??” Tanya Rio.

“Gue? Mau nyangkul! Ya mau jenguk lo laaah!” Seru Ify.

“Sakit apaan sih lo?” Tanya Ify.

“Cuma demam kok,” jawab Rio enteng.

“Demam aja cuma?? Aduuuhh, lo tuh gimana siih!! Mana AC dinyalain lagi, jangan dinyalain!! Badan lo harus ditutupin selimut, terus kepala lo dikompres!! Gue ambilin deh kompresnya!” Seru Ify yang langsung keluar mencari kompresan.

'Buset, lebih galak dari nyokap, tapi asik juga di rawat sama Ify, hehee..' Mukanya memerah dan Rio mulai cengar-cengir. Pas Ify dateng lagi, Rio langsung nutupin mukanya pake selimut, takut keliatan muka merahnya.

“Kak Rio, selimutnya bukaa..sini kepala lo mau gue kompres!” Kata Ify sambil membuka selimut Rio, tapi Rio malah menarik selimutnya lagi keatas.

“Iih buka..!” Ify menarik selimut Rio dengan kuat. Gara-gara Rio sakit dia jadi gak punya kekuatan. Ify pun memeras handuk kecil dan menaruhnya di dahi Rio.

“Nah, gitu kek dari tadi! diem kayak gini kan, bagus!” kata Ify. Rio tak bisa menyembunyikan wajahnya yang mulai memerah, karena tersentuh dengan perhatian Ify yang begitu tulus.

“Kak, kok muka lo merah?? Kepanasan yaa??” Tanya Ify khawatir.

‘Untung nih anak bego, kalo nggak, ketauan gue suka sama dia..’ pikir Rio. Tiba-tiba Ify memegang dahi Rio. Muka Rio mulai panas, jantungnya deg-degan, jiwanya udah terbang kemana tau.

“Panas banget, udah minum obat belom??” Tanya Ify.

“Belom, tadi si Ray kelewat bego, obat gue ketuker sama obat kutu kucing gue, kalo gue minum, sekarang udah dipasang bendera kuning di pager rumah gue!”

“Obat lo yang mana sih?? Gue ambilin deh!”

“Ada di rak obat!”

“Gue ambilin dulu ya,” kata Ify. Ify pun keluar dari kamar Rio untuk mengambil obat.

“Aduuuh, panas banget gila! Mana selimutnya tiga lapis lagi, parah tuh anak!” keluh Rio sambil membuka selimutnya.

“Kak Riooo!!! Jangan dibukaaa!!!” Teriak Ify. Ify langsung menyelimuti badan Rio dengan selimut tiga lapis.

‘Sial! Ini namanya bukan perhatian! Ini penyiksaan!!’ Pikir Rio.

“Nih, makan dulu, tadi Ray udah nyiapin bubur buat lo, mulutnya bukaa..AAA..” kata Ify seperti babysitter nyuapin anak kecil.

“Gue maunya makan sendiri, sini mangkoknya!” Seru Rio.

“Yang sakit jangan banyak bacot!! Nurut aja sama gue! Kalo lo gak nurut, ntar beneran bendera kuning bakal dipasang di pager rumah lo!” Ancam Ify.

“Ih,” gerutu Rio.

“Buka mulutnya,” suruh Ify. Rio menggeleng.

“Buka!” Rio tetap menggeleng.

“Jangan kayak anak keciil!!” Seru Ify. Rio tetap menggeleng.

“Yaudah, kalo gak mau, padahal gue kan bawa Chitato seplastik gede buat lo tadi, lo-nya gak mau makan mending buat gue deh!” Kata Ify sambil mengambil sebungkus Chitato gede dan membuka bungkusannya. Mata Rio langsung hijau begitu melihat Chitato di tangan Ify.

“Beneran tuh buat gue?” Tanya Rio.

“Lo gak mau makan, jadinya buat gue aja..” kata Ify. Ia mengambil satu kripik dan mau memasukkannya ke mulut dengan gerak lambat.

“Sini Chitatonya!!” Rio menarik bungkusan Chitatonya dari tangan Ify. Ify tak mau kalah.

“Nggak, ini punya gue!”

“Kan tadi lo niatnya ngasih ke gue berarti punya gue!”

“Gue!”

“Gue!”

“Gue!”

“Gue!!”

Tetap Ify yang paling kuat, tenaganya Ify udah kayak tenaga badak, rebut-rebutan Chitato sama Rio. Alhasil Rio pun cemberut dan membalikan badannya, membelakangi Ify. Ify juga tak mau kalah, ia memanyunkan bibirnya beberapa centi.

“Ah, mendingan gue pulang, Chitatonya gue abisin sendiri di rumah!” kata Ify.

“Eh, jangaaann!!” Seru Rio. Ify menoleh.

“Jadii, lo seneng gue disini, Kak? Lo gak mau gue pulang? Ya, ampuun ternyata lo ada hati sama gue!” kata Ify kesenengan.

“Bukan, Chitatonya jangan dibawa!” kata Rio. Ify jadi manyun lagi, Ify marah.

“Tuh, makan tuh Chitato! Biar lo jadi kentang beneran!!” Seru Ify melengos sambil melempar seplastik Chitato kearah Rio. Ify langsung keluar dari kamar Rio.

“Aduh! Bego banget lo, Yo!” Kata Rio. Rio beranjak dari tempat tidurnya dan mengejar Ify. Ify masih berada di depan pintu rumah. Rio berlari mengejar Ify, dan ia menarik tangan Ify.

“Fy, jangan pulang!” kata Rio sambil terengah-engah. Muka Ify pun memerah.

“Sori, gue minta maaf..” kata Rio tapi kemudian Rio pingsan.

“Lah, Kak Rio! Bangun! Jangan mati! Eh, salah! Jangan pingsan!! Tadi gue cuma mau beli permen yupi didepan komplek!!”

***

Ify duduk disamping Rio yang sedang tertidur lelap, akibat demam. Dengan penuh perjuangan, Ify berhasil menggotong Rio yang pingsan ke kamarnya yang berada di lantai atas. Ify memeras handuk kecil dan menaruhnya di dahi Rio. Ify merasa sangat khawatir dengan kondisi Rio sangat lemah. Badannya sangat panas.

“Lo tuh bego banget ya, Kak. Percaya aja sama gue..hehee..” Ify tertawa kecil begitu mengingat kejadian tadi yang sampai membuat Rio pingsan. Tiba-tiba Ify mulai penasaran, ia terus memperhatikan rambut Rio.

“Gue jadi pengen megang rambutnya Kak Rio deh..” gumam Ify. Jantung Ify berdetak kencang.

“Kok gue jadi deg-degan gini sih, cuma megang doang kok..” gumam Ify. Ify menyentuh rambut Rio.

“Alus banget..” kata Ify. Tiba-tiba badan Rio bergerak sedikit, membuat Ify langsung menarik tangannya.

“Ya, Allah gue kaget..” gumam Ify sambil mengelus-elus dadanya. Rasa penasaran Ify timbul lagi, sekarang Ify mau nyentuh pipi Rio. (buset, banyak maunya niih -,-)

“Nyentuh gak ya? Nyentuh gak ya?” Pikir Ify. Akhirnya tangan Ify mulai menyentuh pipi Rio yang panas akibat demam.

“Cepet sembuh ya, Kak. Semua orang butuh lo, terutama…gue..” gumam Ify. Kemudian Ify ingat bahwa buburnya mulai dingin.

“Gue panasin lagi deh buburnya,” Ify beranjak dari duduknya dan mengambil bubur yang ada di meja. Tapi tiba-tiba tangannya ditarik sama Rio, Ify melihat bahwa mata Rio terbuka sedikit dan
terus memandang Ify.

“Ify..jangan pergi…jangan tinggalin gue..lo harus disamping gue..” gumam Rio. Ify terkejut mendengar kalimat yang diucapkan oleh Rio dengan suara kecil.

“Kak, gue cuma mau manasin bubur doang kok, bentar,” kata Ify.

“Pliis..gue gak mau lo pergi..gue..suka..sama..lo, Fy..jangan pergi..” gumam Rio.

Ify kembali terkejut, Ify tak percaya apa yang diucapkan oleh Rio, mukanya memerah. Tangannya terus di pegang oleh Rio, Rio terus memandang Ify
dengan mata setengah terbuka dan wajah yang pucat pasi. Ify menjadi tak bisa bergerak, ia terus memandang Rio yang terbaring lemah di tempat tidurnya.

***

No comments:

Post a Comment