Wednesday, April 18, 2012

If Love In Action part 2 (re-post)

Mereka berempat ngakak bersama.

Smp nusantara jaya.

Setelah istirahat, semua siswa kelas IXa masuk ke kelas, jam ini di isi oleh wali kelas mereka, pak duta.

Acara mereka kali ini adalah pembagian bangku dan pengurus kelas. Setelah beberapa waktu mengarahkan akhirnya semua murid sudah tertata rapi di kursi dengan pasangan masing-masing yang telah ditetapkan pak duta.

Ada dua orang yang paling nggak terima sama pengaturan pak duta, tapi mau gimana lagi, protes sama pak duta sama aja protes sama macan laper. Mereka adalah ray sama olivia yang ditempatkan sebangku dibagian pojok belakang, di depan mereka ozy sama deva.

Gara-gara jengkel ray nulis sesuatu dibukunya dia dorong buku itu kedepan olivia.

Heh, cebong! Ngapain loe ikutin gue duduk disini?!

Kecoa, yang ada loe ngapain ikutin gue?! Bikin bau tempat gue aja loe!

Enak aja! Pokoknya loe nggak boleh deket-deket gue!

Nggak usah gr loe! Ogah gila deket-deket loe! KECOA!!!

Kurang ajar loe! Kurang ganteng apa gue sampe loe panggil gue kecoa?

Dasar..KECEBONG!

Ggrr...AWAS LOE!!!

” olivia.” panggil pak duta.

” iya pak.” jawab olivia agak gelagapan.

” kamu saya tunjuk sebegai ketua kelas, dan ray kamu wakilnya!”

” heu..” dengus ray sama olivia barengan.” Iya pak...” jawab mereka dengan berat hati.

Sma putra bangsa.

Sebelum pulang gabriel mengumumkan bekal yang harus dibawa esok hari.

” bekal yang dibawa besok adalah, yang pertama, nasi pocong, permen kayu,semangka tanpa air, minumannya bebas. ” terlihat wajah bingung dari para siswa baru.

” lanjut, snack yang harus kalian bawa adalah dua chitato satu taro. ” pengumuman gabriel berhenti.’ga jauh-jauh juga si rio! dasar mr. Chitato!’ pikirnya sambil menarik napas.

” kalian pasti bingung makanan apa yang saya sebutkan tadi?” peserta mos mengangguk ragu.

” ini tugas kalian untuk menebak apa wujud sebenernya dari semua makanan tersebut! MENGERTI ?”

” MENGERTI KAK!”

” baik, acara saya kembalikan pada kak rio.”

Sekarang rio yang ngomong.

” oke, makasih kak iel, mos hari ini cukup sampai disini, setelah berdoa kalian boleh pulang, jangan lupa sama bekal kalian besok! Kalian rasakan hukumannya kalau sampai lupa. ”

Setelah itu mereka semua berdoa dan bubar.

Jam 14.00 mos hari pertama selesai.

Sambil nunggu jemputan shilla, sivia, ify dan agni, cewe yang nabrak ify tadi pagi lagi ngobrol buat mecahin teka-teki buat bekal mereka besok. Sama panitia, bekal yang harus dibawa dibuat dalam bentuk tebak-tebakan.


” nasi pocong, permen kayu, semangka tanpa air, dengan minuman bebas. ” Ify baca catatannya.

“ 2 chitato satu taro.” Tambah shilla.

“ ayo kita pecahin satu-satu!” seru agni semangat.

” sip, mulai dari nasi pocong!” kali ini sivia berbicara.

“ nasi pocong..nasi pocong..” gumam mereka berempat sambil memegang kening.

“ pocong itu dibuntel pake kain kafan, emang ada nasi dikafanin?” tanya sivia dengan polosnya.

“ dongdong! Jelas nggak ada lah!” samber shilla.

“ gue tau!” ceplos agni.

“ apaan ag?” tanya yang lain penasaran.

” nasi pocong itu berarti nasi yang dibuntel, LEMPER!” jawab agni semangat.

“ iya!” jawab yang lain ikutan semangat.

” yang berikutnya, permen kayu!”

” itu mah gampang! permen Woods!” jawab shilla.

“ sip.sip.sip!”

Tiba-tiba angin berhembus kencang ala film korea, banyak siswi yang mengalihkan pandangannya ke arah pintu masuk sekolah yang jaraknya beberapa meter dari gerbang utama tempat ify dkk duduk.

Yang menjadi tontonan mereka adalah d ’orions yang sedang berjalan keluar.

“ ieuhh...” ceplos ify dkk.

” sok cool!” sivia berkomentar.

” tukang tebar pesona!” tambah shilla.

” rese!” kata ify super jengkel.

” playboy!” ceplos agni, yang lain nengok ke dia minta penjelasan.” kak cakka, kalian belum tau soal dia ?”

Sivia, ify, shilla geleng kepala.

” kak cakka itu playboy kelas kakap, gue sebagai sahabat baru kalian nyaranin jangan sampe kemakan sama semua omongan dia, kalau kalian udah masuk perangkap dia, bakal susah lepasnya. ”

” o..” yang lain Cuma meng-o-kan.

” lanjut!” komando agni.

” semangka tanpa air? Apaan ni?” tanya sivia.

” em..beli aja semangka terus siramin airnya ke rio!” kata ify seenaknya.

” fy..” kata shilla agak ketakutan, sivia yang duduk di sampingnya nunjuk-nunjuk ke belakang ify. Agni sama ify yang berdiri berhadapan sama shilla dan sivia nggak ngerti.

” apaan sih?” tanya ify heran.

” ka..kak rio.” jawab sivia gelagapan.

” rio?”

” kakak!” bentak seseorang, spontan ify balik badan, rio udah berdiri dibelakang ify, di belakangnya ada alvin sama gabriel yang masih fokus sama dia.

Sementara cakka lagi bengong sambil senyum sinis liatin agni yang masih liatin dia dengan tatapan jijik. ’ngapain ni cewe liatin gue kaya gitu?! Tagnamenya udah pada dicopot lagi !’ pikirnya.

” hey, alyssa saufika umari, inget gue senior loe! Loe nggak bisa seenaknya sama gue disini. ” lanjut rio stay cool.

” terus? Masih jaman hari gini senior junioran?” ify nyolot.” inget ini udah jam bebas!”

” dasar nggak bisa dibilangin baik-baik! Gue ikutin permainan loe! Tapi gue masih punya satu penawaran buat loe.. ”

” apa?”

” loe harus panggil gue dengan sebutan kakak!”

” kalo gue nggak mau?”


” hukuman gue siap menanti loe, inget undang-undang kita!?”

Skak mat! Terpaksa ify ikutin mau rio.

” iya.” jawab ify dengan berat hati.

“ bagus! Coba gue pengen denger!”

“ iya, kak rio.” rio senyum penuh kemenangan.

“ cabut sob!” ajaknya.

“ sabar yo! Emang Cuma loe yang ada perlu.” Cakka menghalangi rio.“ hay, loe, boleh gue tau nama loe?” tanya cakka sambil senyum dan ngulurin tangannya ke agni.

“ agni.” Jawab agni dengan juteknya sambil nyampar dikit ujung tangan cakka. Gabriel sama rio terkekeh dibelakangnya, alvin Cuma ngangkat ujung bibirnya. ’ sialan ni cewe! Baru kali ini gue ketemu cewe sesengak ini sama gue, belum tau cakka nona manis ?!’

“ buru cabut!” ajak cakka terus jalan duluan, akhirnya rio, gabriel, dan alvin ikutin dia.

Setelah itu d’orions nongkrong dulu di rockidol, caffe langganan mereka.

Di caffe rockidol.

” sialan!” gerutu cakka sambil banting ranselnya di meja.

“ nape loe cak?” tanya rio.

“ tu cewe tadi! Sialan!”

“ bhhwaaahha...” akhirnya tawa rio, gabriel, dan alvin pecah.

“ cakka dikacangin cewe! Kayanya gelar loe sebagai penakluk wanita bakal dicabut. ” Kata gabriel.

“ diem loe betiga! Liat aja, gue bakal dapetin dia!”

“ sory cak, kali ini gue ragu! Loe tau nggak cewe tadi siapa?” tanya alvin.

“ kagak!”

“ agni, sepupunya sion.”

“ sion? Sion temen loe tawuran sama balapan itu?”

” yoa! Agni itu kapten basket yuso, pemegang sabuk hitam karate, dan gue tau dari sion, dia pernah dikejar-kejar riko tapi dia nggak mau, belum ada satu cowopun yang bisa naklukin dia. ” cakka melotot selebar-lebarnya denger penjelasan alvin.

” cak, mata loe keluar!” gabriel iseng sambil pukul pundak cakka kenceng.

” apaan sih loe yel?! Riko musuh bebuyutan loe? Berani nolak dia si agni ?”

” iya, nggak percaya amat loe sama gue.”

” secara riko kan nggak kalah gila sama loe, dia bakal lakuin apapun buat semua yang dia mau !”

“ ya pokoknya gitu!”

“ berat ni!”

“ mau mundur loe cak?” tanya rio.

“ pantang bagi cakka kawekas nuraga mundur sebelum berjuang !”

“ gaya loe! Bakal sering bonyok loe kayanya.” Kata rio.

“ beguru dulu sama alvin, biar kalo bonyok kagak sakit.”

Agni itu sepupunya sion, sohib alvin dalam berbuat kekacauan kaya balapan liar dan tawuran, biar alvin itu hampir nggak pernah ikutin aturan, dia paling anti menjerumuskan orang lain ke dunia dia, kenapa sion? Sion juga trouble maker di sekolahnya, emang dasarnya udah rusak juga. Tawuran yang diikuti alvin bukan tawuran antar sekolah, tapi antar geng, alvin itu ketua sebuah geng yang dinamai black planets. Riko yang tadi disebut adalah ketua underhole, gank musuh bebuyutan black planets, sebenernya nggak ada alasan yang jelas kenapa mereka selalu berantem, mereka Cuma mau unjuk kekuatan masing-masing.

Sore harinya.

Di halaman rumah rio dan ify yang dibatasi pager setinggi pinggang rio. Ify lagi disuruh mamanya buat nyiram kembang. Sayup-sayup dia denger orang nyanyi, Cuma asal nyanyi sih. Ify ikutin suara itu yang kebetulan berasal dari halaman rumah rio, sekalian ify nyeret selang yang mau dia pake buat nyiram kembang

Kau mimpi-mimpiku, cinta gilaku hanya padamu
Hanya kau belahan jiwa cinta membara tiada tara..

“ bah..ternyata elo! Untung gue belum jadi muji!” kata ify pas liat siapa yang nyanyi, rio yang lagi mandiin motornya. Tapi kali ini ify rada halus ngomongnya.

“ elo lagi! Napa? Naksir kan loe sama suara gue?!”

” ogah deh! Kak, kak rio.”

“ hmm..”

“ semangka tanpa air apaan?”

” cari aja sendiri! Masa kaya gitu aja kagak tau!?” rio menghentikan pekerjaannya.

” pelit loe!”

” bodo!”

” kak, rese itu fansclub loe ya?” tadi ify cerita banyak sama agni, sivia, dan shilla soal sma putra bangsa termasuk soal d ’orions, empat orang cowo most wanted di pb, mereka juga ngomongin tentang fansclub masing-masing personil d ’orions, rio dengan risenya, cakka sama c-luvers, gabriel fans club atau gfc untuk gabriel dan alvinoszta for alvin.

“ rise!”
 
“ iya, itulah, kayanya mereka udah pada buta berjamaah ya kak?!”

“ maksud loe?!” rio mulai ngambek.

“ masa iya pada naksir sama orang rese, jelek, pesek, dekil, item, cungkring lagi ?!” ledek ify becanda.

“ ye..ngatain gue loe?! Kena pesona gue nyahok loe! Mending juga gue kemana-mana daripada loe, tu gigi loe abis maling ya? Kok loe penjara kaya gitu ?!” rio ngeledekin gigi ify yang dibehel. Ify manyun.

“ dasar rese!”

“ kan sama kaya loe.”

“ au ah!” ify ngambek terus buru- buru ke dalem rumah.

“ dasar cewe aneh!” kata rio pelan sambil lanjutin lagi pekerjaannya.

Di kamar ify.

Ify udah lupa sama kejengkelannya sekarang yang ada di otaknya semangka tanpa air.

” hadu..apaan ya?” tanyanya ke diri-sendiri.

Zzrttrtt...tiba-tiba hpnya bergetar.

From: agni

Fy, semangka tanpa air apaan?
Mumet pala gue udahan!

Ify nggak bales, dia tinggal mikir duluan.

“ watermelon without water?” kata ify sok inggris.

“ MELON!!!” seru ify dengan semangatnya, dia pegang hpnya dan nulis sms buat agni, shilla, dan sivia.

To: agni
Shilla
Sivia

Semangka tanpa air = melon. Penjelasan dapat dikonfirmasi besok!

Ify langsung nyiapin semua bekalnya buat mos besok, setelah selesai semua ify mutusin buat tidur.

Keesokan harinya

Sma putra bangsa.

Acara pertama mos hari ini adalah pengecekan bekal. Sebelum mulai rio sama gabriel berunding duluan.

” yel, loe yang ngecek ya! Gue mau ambil sesuatu, kayanya gue bakal pesta hari ini. ”

“ iye, udah sono! Bawa karung sekalian!” jawab gabriel sedikit dongkol.

Sekarang gabriel berdiri di bagian depan lapangan.

“ semua..sudah bawa bekal masing-masing?” tanya gabriel dengan suara keras.

“ SUDAH....”

“ bagus, panitia akan mengecek satu-persatu bekal kalian, bagi yang tidak membawa atau salah membawa harap maju ke depan!
kita mulai dari nasi pocong, nasi pocong adalah lem-per, angkat semua lemper kalian!” semua siswa angkat lemper mereka, tidak ada yang salah.

” bagus! pintar kalian! lanjut, permen kayu, ada yang tau?”

” PERMEN WOODS..KAK!” jawab peserta mos serempak.

” baik! Yang ke tiga, semangka tanpa air, jawabannya melon!”

Kali ini beberapa anak maju, tebakan mereka kali ini salah, ada yang bawa permen rasa semangka sampai Cuma bawa gambar semangka.

Ify tersenyum bangga, shilla, sivia, dan agni bernapas lega.

” akhirnya kalian melakukan kesalahan! Sebelumnya saya jelaskan, ada yang tau bahasa inggrisnya watermelon ?”

” bwahhhaa....” peserta mos tertawa lepas.

” SIAPA YANG SURUH KALIAN TERTAWA?!” bentak rizky, salah satu panitia. Mendadak suasana kembali sunyi-senyap. Tadi gabriel emang sengaja salah ngomong.

” tidak ada yang bisa protes! Ingat perjanjian kita?!” kali ini gabriel sedikit pakai nada bercanda.” Semangka itu kan bahasa inggrisnya watermelon, kalau air atau waternya menghilang, apa yang tersisa ?” peserta yang tadi dihukum baru sadar dan mengangguk pelan.” Sekarang kalian yang didepan keliling sekolah dengan berjalan ala pragawati di catwalk, anggap saja lorong sekolah itu catwalk !”

Dengan berat hati mereka mulai hukuman.

Di belakang barisan.

Cakka dan alvin bingung liat rio yang dengan wajah sumringah nyiapin dua buah karung beras ukuran sedang.

“ ngapain loe bawa karung yo?” tanya cakka heran.

“ loe liat aja tar! Kali ini biar gue aja yang kerja, loe semua kagak usah bantuin !”

“ hemm..gue tau! Pantesan mata loe jadi ijo.” Cakka akhirnya ngerti maksud rio.

Kembali ke gabriel.

“ bekal terakhir 2 chitato satu taro!”

Banyak siswa yang mengangkat 2 bungkus chitato dan satu bungkus taro, tapi ada beberapa yang Cuma mengangkat satu bungkus chitato.

“ yang Cuma bawa satu bungkus chitato maju ke depan!” suruh gabriel.

Semua anak yang bawa satu bungkus chitato maju ke depan.

“ mereka yang didepan ini sudah melakukan sesuatu yang benar!” Yang dibelakang termasuk ify dkk langsung cengo.

“ cermati perintahnya! 2 chitato dan satu TARO, berarti yang satu ditaro dan tidak dibawa kesini, kalian Cuma wajib membawa 1 bungkus chitato! Karena kesalahan kalian maka sebungkus chitato dan taronya diberikan kepada kakak panitia.”

Dengan semangat 45 rio langsung keliling bawa dua karung, karung pertama buat chitato karung kedua buat taro.

Setelah selesai.

” makasih snacknya adek-adek, lumayan, nanti kakak-kakak nggak usah jajan. ” ucap gabriel lagi.

” hha...gue seneng! Beberapa hari ke depan gue nggak harus ngluarin duit buat beli chitato. ” kata rio dengan riang gembira sambil deketin panitia lain yang lagi kumpul.

” bagi dong yo!” rengek irva.

” kagak! Loe semua gue bagi taronya aja! Chitatonya semua buat gue !” rio ngulurin karung yang isinya taro.

“ ih..rio curang ni!” gerutu gita.

“ bodo! Wlee..”

“ curang loe! Bagi yo!” kali ini cakka yang minta.

“ ni, loe semua gue kasih satu bungkus!” rio ngasih mereka satu bungkus chitato mana yang kecil
lagi, tetep aja punya dia masi satu karung.

“ dasar mr. Chitato! Pergi sono! Pelit loe! Gue doain kuburan loe sempit !” omel gita becanda.

” kalo lebar menuh-menuhin! Tar loe mau dikubur dimana? Gue ke kantor gue dulu ya! Dadah... ” setelah melambaikan tangan rio pergi ke ruang osis.

No comments:

Post a Comment